Aktivasi BlackBerry Indosat Melonjak di Hari Raya

Lonjakan trafik panggilan suara (voice call), pesan singkat (SMS), maupun data (internet), mungkin sudah biasa dialami operator mana pun saat Lebaran. Namun ada satu yang tak biasa dialami Indosat, lonjakan aktivasi BlackBerry di hari yang sama.

“Untuk BlackBerry, kami mencatat hit terbesar dengan aktivasi sehari lebih dari 35.500 pelanggan,” kata Teguh Prasetya, Group Head Brand & VAS Marketing Indosat, kepada detikINET, Minggu (12/9/2010).

Saat ini Indosat mencatat ada sekitar 400 ribu pelanggan yang aktif menggunakan layanan BlackBerry miliknya. Angka ini masih terbilang kecil jika dibandingkan total pelanggan selulernya yang mencapai 37.8 juta hingga akhir kuartal kedua tahun ini.

Traffic BlackBerry Indosat sendiri mencapai 3,5 terabytes per hari. Namun untuk layanan data secara keseluruhan, Indosat pada H-1 Lebaran mencatat peningkatan trafik data 112,59% dibanding tahun lalu dengan besar trafik 19,75 terabytes.

“Pengguna mobile data tahun lalu 35% dari 33,7 juta pelanggan. Sedangkan tahun ini mobile data persentasenya naik menjadi 42% dari total 37,8 juta,” ungkap Teguh.

Sementara untuk trafik voice, Indosat juga mencatat kenaikan 186% dibanding tahun lalu atau sebesar 341 juta menit. Sedangkan SMS dibanding tahun lalu mencatat kenaikan 141% atau sebesar 511 juta SMS per hari.

Group Head Public Relation Indosat, Djarot Handoko menambahkan, dibanding voice dan SMS, trafik data melonjak lebih tinggi pada sehari sebelum Lebaran.

Tercatat, trafik data pada H-1 mencapai 19,75 terabyte. Sedangkan saat hari H, trafik data justru turun jadi 17,06 terabyte. Kebalikan dengan voice dan SMS, pada H-1 voice tercatat 341 juta menit dan SMS 511 juta pesan.

Sedangkan pada hari H, voice naik jadi 359,9 juta menit dan SMS meningkat jadi 532,91 juta.

“Seluruh layanan, trafiknya tercatat meningkat dari 108,11% hingga 142,09% dibandingkan trafik voice, SMS, dan data di hari normal,” kata Djarot.

Peningkatan trafik tertinggi untuk SMS ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sulawesi Maluku Papua. Sedangkan tertinggi untuk trafik voice ada di Sumatera Selatan, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s