Bosen Bicara Pemerintahan, Mari Ikut ‘Kuliah’ Bisnis Richard Branson

Jakarta – Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu sangat seksama mengikuti seminar ‘Inspiring Lecture Series’, dengan pembicara pemilik Virgin Company, Richard Branson. Sharing yang diberikan kepada ratusan executive, diharapkan bisa menciptakan lebih banyak enterpreur di Indonesia dengan mengadopsi filosifi bisnis seorang Richard Branson.

“Jangan melulu berbicara pemerintah. Intinya bagaimana menumbuhkan entrepreneurship,” ungkap Mari usai acara yang diselenggarakan oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) di Hotel Kempinski, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (27/9/2010).

Menciptakan entrepreneur itu baik tidak hanya untuk pribadi, namun juga untuk sebuah bangsa. Apalagi jumlah enterprenuer di Indonesia tergolong masih sangat kecil dibandingkan negara maju.

“Seperti yang telah diungkapkan Richard, bisnis harus bisa inovasi dengan ide, thinking risk. Dan yang mungkin menarik adalah ‘you find sector peopleare you happyyou do it betteryou make different,” jelas Mari.

Ibu Menteri pun bahkan sempat bertanya kepada Richard, pengusaha sukses yang memiliki 200 perusahaan ini. Mari pun setuju dengan pendapatan Richard, bahwa untuk memulai usaha akan sangat sulit untuk mencari pendanaan dari perbankan.

Untuk itu, penting apa yang dinamakan dengan Angle Investor, seperti yang diungkap Richard Branson. Siapakah itu? Tidak lain adalah sosok seorang Ibu.

“Itulah angle investor, karena untuk start up (bisnis) susah dapat finansial (pinjaman). Dan yang penting berbisnis memang harus dari hati,” jelasnya.

Direktur Konsumer dan Ritel BNI, Darmadi Sutanto berharap pengalaman bisnis Richard Branson yang sering kali ‘out of the box‘ dapat memberikan inspirasi kepada pemuda, pengusaha, dan seluruh masyarakat Indonesia. Pengalaman bisnis yang radikal juga kiranya dapat menjadi motivasi dalam memperoleh pemikiran baru guna transformasi BNI ke arah yang lebih baik.

“Berani keluar dari ‘comfort zone‘ dan melakukan transformasi, tanggap akan perubahan lanskap bisnis dan memiliki daya saing,’ imbuhnya.

Sumber: http://www.detikfinance.com/read/2010/09/27/215054/1449895/4/bosen-bicara-pemerintahan-mari-ikut-kuliah-bisnis-richard-branson?f9911023

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s