Apa itu SEO

Search Engine Optimization (SEO) sering dianggap sebagai bagian yang lebih teknis pemasaran Web. Hal ini benar karena SEO tidak membantu dalam promosi situs dan pada saat yang sama itu memerlukan beberapa pengetahuan teknis – setidaknya keakraban dengan HTML dasar. SEO kadang-kadang juga disebut Copyrighting SEO karena sebagian besar teknik yang digunakan untuk mempromosikan situs di mesin pencari berurusan dengan teks. Secara umum, SEO dapat didefinisikan sebagai kegiatan mengoptimalkan halaman Web atau situs secara keseluruhan untuk membuat mereka lebih search engine-friendly, sehingga mendapatkan posisi yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Salah satu kebenaran dasar dalam SEO adalah bahwa bahkan jika Anda melakukan semua hal-hal yang perlu dilakukan, hal ini tidak secara otomatis menjamin Anda peringkat teratas tetapi jika Anda mengabaikan aturan dasar, ini tentu tidak akan diperhatikan. Juga, jika Anda menetapkan tujuan realistis – yaitu untuk masuk ke dalam hasil top 30 di Google untuk kata kunci tertentu, bukan menjadi nomor satu untuk 10 kata kunci dalam 5 mesin pencari, Anda akan merasa lebih bahagia dan lebih puas dengan hasil Anda.

Meskipun SEO membantu meningkatkan lalu lintas ke situs itu satu, SEO bukan iklan. Tentu saja, Anda dapat dimasukkan dalam hasil pencarian berbayar untuk kata kunci tertentu tetapi pada dasarnya ide di balik teknik SEO adalah untuk mendapatkan posisi teratas karena situs anda yang relevan dengan istilah pencarian tertentu, bukan karena Anda membayar.

SEO bisa menjadi pekerjaan 30-menit atau kegiatan permanen. Kadang-kadang cukup untuk melakukan beberapa SEO generik untuk mendapatkan tinggi di search engine – misalnya, jika Anda seorang pemimpin untuk kata kunci langka, maka Anda tidak memiliki banyak yang harus dilakukan untuk mendapatkan penempatan yang layak kasus. Tapi yang paling dalam , jika Anda benar-benar ingin berada di atas, Anda perlu membayar perhatian khusus untuk SEO dan mencurahkan sejumlah besar waktu dan tenaga untuk itu.Bahkan jika Anda berencana untuk melakukan beberapa dasar SEO, sangatlah penting bahwa Anda memahami bagaimana mesin pencari bekerja dan yang item yang paling penting dalam SEO.

1. Cara Kerja Search Engine

Kebenaran dasar yang pertama yang perlu Anda belajar tentang SEO adalah mesin pencari yang tidak manusia.Sementara ini mungkin jelas bagi semua orang, perbedaan antara bagaimana manusia dan mesin pencari melihat halaman web tidak. Tidak seperti manusia, mesin pencari adalah teks-driven. Meskipun kemajuan teknologi pesat, mesin pencari jauh dari makhluk cerdas yang dapat merasakan keindahan desain keren atau menikmati suara dan gerakan dalam film.Sebaliknya, mesin pencari menjelajah Web, melihat item situs tertentu (terutama teks) untuk mendapatkan ide apa situs adalah tentang. Penjelasan singkat ini bukan yang paling tepat karena seperti yang kita akan lihat selanjutnya, mesin pencari melakukan beberapa kegiatan dalam rangka untuk memberikan hasil pencarian – merangkak, indexing, pengolahan, menghitung relevansi, dan mengambil.

Pertama, mesin pencari menjelajah Web untuk melihat apa yang ada, ini. Tugas yang dilakukan e oleh bagian dari perangkat lunak disebut crawler atau spider (atau Googlebot, seperti halnya dengan Google). Spider mengikuti link dari satu halaman ke halaman lain dan semua indeks mereka temukan dalam perjalanan mereka. Setelah diketahui jumlah halaman di Web (lebih dari 20 miliar), adalah mustahil untuk spider untuk mengunjungi situs setiap hari hanya untuk melihat apakah suatu halaman baru telah muncul atau jika halaman yang ada telah dimodifikasi. Kadang-kadang crawler tidak akan mengunjungi situs Anda untuk satu atau dua bulan, jadi selama ini usaha SEO Anda tidak akan dihargai. Tetapi tidak ada yang dapat Anda lakukan tentang hal itu, jadi hanya diam.

Apa yang dapat Anda lakukan adalah untuk memeriksa apa yang crawler melihat dari situs Anda. Seperti telah disebutkan, crawler tidak manusia dan mereka tidak melihat gambar, film Flash, JavaScript, frame, halaman yang dilindungi password dan direktori, jadi jika Anda memiliki ton ini di situs Anda, Anda sebaiknya menjalankan Spider Simulator di bawah ini untuk melihat apakah barang yang dapat dilihat oleh spider. Jika mereka tidak dapat dilihat, mereka tidak akan jelajahi, tidak diindeks, tidak diproses, dll – dalam kata mereka akan tidak ada untuk mesin pencari.

 

Spider Simulator 

Masukkan URL untuk Spider

Setelah halaman dijelajahi, langkah selanjutnya adalah indeks isinya. Halaman diindeks disimpan dalam database raksasa, dari mana nanti dapat diambil. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah mengidentifikasi kata-kata dan ungkapan yang paling menggambarkan halaman dan menugaskan halaman untuk kata kunci tertentu. Bagi manusia tidak akan mungkin untuk memproses jumlah tersebut informasi tetapi umumnya mesin pencari menangani baik-baik saja dengan tugas ini. Kadang-kadang mereka mungkin tidak mendapatkan arti dari hak halaman tetapi jika Anda membantu mereka dengan mengoptimalkan itu, akan lebih mudah bagi mereka untuk mengklasifikasikan halaman Anda dengan benar dan untuk Anda – untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Ketika datang permintaan pencarian, mesin pencari proses itu – yakni membandingkan string pencarian dalam permintaan pencarian dengan halaman yang terindeks di database. Karena ada kemungkinan bahwa lebih dari satu laman (praktis itu adalah jutaan halaman) berisi string pencarian, mesin pencari mulaimenghitung relevansi setiap halaman dalam indeks untuk string yang dicari.

Ada berbagai algoritma untuk menghitung relevansi. Masing-masing algoritma mempunyai bobot relatif berbeda untuk faktor umum seperti keyword density, link, atau metatags. Itu sebabnya mesin pencari yang berbeda memberikan hasil yang berbeda string pencarian halaman untuk pencarian yang sama. Terlebih lagi, ini adalah fakta diketahui bahwa semua mesin pencari utama, seperti Yahoo, Google, MSN, dll periodik mengubah algoritma mereka dan jika Anda ingin tetap di bagian atas, anda juga perlu untuk menyesuaikan halaman Anda terhadap perubahan terbaru . Inilah salah satu alasan (yang lainnya adalah pesaing Anda) untuk mengabdikan upaya-upaya permanen untuk SEO, jika Anda ingin berada di atas.

Langkah terakhir dalam mesin ‘aktivitas pencarian adalah mengambil hasil. Pada dasarnya, itu tidak lebih dari sekedar menampilkan mereka di browser – yaitu tak berujung halaman hasil pencarian yang diurutkan dari yang paling relevan dengan situs yang relevan paling sedikit.

2. Perbedaan Antara Mayor Search Engine

Meskipun prinsip dasar operasi semua mesin pencari adalah sama, perbedaan kecil antara mereka membawa perubahan besar dalam relevansi hasil. Untuk mesin pencari yang berbeda faktor yang berbeda adalah penting. Ada saat-saat, ketika ahli SEO bercanda bahwa algoritma Bing yang sengaja dibuat hanya kebalikan dari orang-orang dari Google. Sementara ini mungkin memiliki butir-butir kebenaran, itu adalah suatu hal fakta bahwa mesin pencari utama seperti hal-hal yang berbeda dan jika Anda berencana untuk menaklukkan lebih dari satu dari mereka, Anda perlu mengoptimalkan hati-hati.

Ada banyak contoh perbedaan antara search engine anggur. Sebagai contoh, untuk Yahoo! dan Bing-kata kunci pada halaman, faktor utama yang penting, sedangkan Google untuk link yang sangat, sangat – penting. Juga untuk, Google situs seperti tua, semakin baik, sedangkan Yahoo! umumnya tidak memiliki preferensi diekspresikan terhadap situs dan domain dengan tradisi (yaitu yang lebih tua). Jadi Anda mungkin perlu lebih banyak waktu sampai situs Anda akan matang untuk diterima ke atas di Google, daripada di Yahoo!.

 

One response

  1. gha

    ane masih pusing nih tentang seo nya ..
    hehe ..

    16 January 2011 at 10:35 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s